Selasa, 20 Januari 2015

Pemahaman Keliru tentang Antariksa yang Dipercaya Bertahun-tahun

Berikut ini pemahaman yang keliru; selama ini menjadi mitos, tentang sains dalam dunia antariksa yang ternyata telah dipercaya bertahun-tahun... Pemahaman keliru tentang Antariksa yang dipercaya bertahun-tahun tersebut seperti:





  1. Kebanyakan orang percaya bahwa di luar angkasa tidak memiliki gravitasi karena manusia atau obyek dapat terbang secara bebas. Menurut penelitian, gravitasi bukan hanya terdapat di bumi saja. Ada berton-ton gravitasi di luar angkasa dengan tekanan yang berbeda-beda. Salah satu penjelasan yang mendasar adalah apabila tidak ada gravitasi, maka planet-planet dan bumi tidak akan bergerak seperti pada jalurnya untuk memutari matahari. 
    George Clooney terhempas di angkasa (Gravity - 2013)
  2. Dalam film-film Hollywood pada umumnya, banyak yang memperlihatkan adegan seorang astronot akan membeku dan langsung meninggal tanpa bisa berbicara sepatah katapun ketika kaca helmnya pecah dan dia tidak tercover sama sekali. Namun, para peneliti mengemukakan bahwa manusia masih dapat bertahan sekitar 15 sampai 30 detik di luar angkasa tanpa pelindung. Jadi ketika kaca helm pecah, maka astronot tersebut masih bisa berlari dengan nafas yang tersisa di dalam paru-paru menuju ke pesawat luar angkasanya untuk mendapatkan oksigen serta helm pengganti. Akan tetapi, apabila astronot tersebut memilih untuk menahan nafas, maka ada waktu sedikit lebih lama sebelum kehabisan udara dan terbakarnya paru-paru.
    Awak Kapal Tewas & Membeku (Film Gravity - 2013)

PS:
Sudah menonton film Gravity (2013) dan Interstellar (2014) ?
*Sedikit ulasan: Gravity bercerita tentang aktifitas para astronot diluar angkasa yang mengalami kecelakaan dan perjuangan survival yang hanya menyisakan satu astronot wanita (Sandra Bullock) sementara astronot lainnya tewas hingga tiba kembali di Bumi, sedangkan Interstellar bercerita tentang ekspedisi manusia untuk mencari planet atau tempat untuk dihuni alternatif pengganti Bumi diantara bintang-galaksi/planet lainnya karena Bumi sudah tidak laik huni lagi. 

#bukan-promo-film :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.