Senin, 14 November 2016

Apa itu Lubang Hitam?

Lubang hitam merupakan pemusatan dari massa yang memiliki ukuran yang besar dan bisa menghasilkan sebuah gaya gravitasi yang besar. Gaya gravitasi yang dihasilkannya ini bisa mencegah appaun bisa lolos yang diproses melalui tindakan dari terowongan kuantum.

Dengan kekuatan gravitasi ini maka kecepatannya dalam mendekati hampir setara dengan kecepatan cahaya.

Yang perlu diketahui adalah tak ada yang bisa lolos dari gravitasi lubang hitam termasuk juga radiasi dari elektomagnetik. Bahkan cahaya-pun hanya bisa masuk tapi tidak bisa untuk keluar lagi atau dengan kata lain tidak bisa melewatinya.



Walaupun demikian sebenarnya adalah banyak fakta dan informasi menarik dari Lubang Hitam diantaranya adalah :

1. Lubang Hitam adalah Objek Paling Padat.
Seperti yang diketahui massa lubang hitam memiliki ukuran yang sangat besar tapi walaupun demikian untuk volumenya sangat kecil maka ini adalah objek yang paling padat di alam semesta ini.

2. Massa Lubang Hitam bermiliaran kali lebih besar dari massa yang dimiliki Matahari.
Lubang hitam yang memiliki massa lebih besar dari matahari ini dikenal dengan nama lubang hitam supermasif dan biasanya terletak pada inti dari galaksi. Objek ini memiliki peran cukup besar pada evolusi dari Galaksi. Namun bagaimana objek ini bisa terbentuk belum ada yang bisa memecahkannya.

3. Lubang Hitam bukanlah objek yang membersihkan kosmik.
Ada banyak yang salah memahami tentang kekuatan gravitasi yang ada pada lubang hitam. Pada saat mereka mulau mendekati objek ini, Gravitasi akan memiliki kekuatan yang lebih besar. Sehingga cahaya tidak bisa kembali keluar saat melintasi bagian permukaan lubang hitam. Tapi, jika matahari berubah tiba-tiba menjadi dengan lubang hitam yang memiliki masa yang hampir sama, maka gaya gravitasi bumi juga akan menjadi berubah. Bahkan ketika hanya sekedar mendekati saja apapun bendanya akan langsung terhisap ke dalam lubang hitam.

4. Jika manusia masuk ke dalam Lubang Hitam akan menjadi layaknya spaghetti.
Jika manusia mencoba masuk dalam lubang hitam maka gaya pada kaki manusia akan menjadi lebih kuat dibandingkan dengan yang ada pada kepala manusia. Karena semua jalur kekuatan berada pada lubang hitam. Maka jika manusia masuk mereka akan serasa diperas seperti cucian. Dan jika jarak semakin dekat maka manusia akan menjadi seperti spaghetti.

5. Jika kecoa masuk dalam Lubang Hitam kemungkinan besar akan selamat.
Jika manusia masuk ke dalam lubang hitam maka kemungkinan akan menjadi spaghetti yang dikarenakan oleh gaya gravitasi yang terlalu besar tapi jika kecoa yang masuk ke dalam lubang hitam maka ada kemungkinan mereka akan hidup lebih lama. Hal ini dikarenakan kecoa memiliki ukuran yang lebih kecil maka gaya gravitasi yang akan dirasakan akan lebih kecil. Selain itu kecoa juga memiliki kerangka tubuh yang jauh lebih kuat.

6. Cahaya tidak bisa lolos dari Lubang Hitam.
Bahkan cahaya yang melintas pada lubang hitam pun tak bisa lolos. Hal ini disebabkan karena saat cahaya sudah melintasinya seharusnya objek tersebut memiliki kecepatan yang lebih besar dari lubang hitam jika tidak maka objek tersebut tidak akan bisa lolos. Karena kecepatan dari lubang hitam lebih besar daripada kecepatan dari matahari saat melintas.

7. Sains mengenai Lubang Hitam hanyalah sebuah teori.
Beberapa gambaran mengenai lubang hitam hanyalah teori, semua hanya dibuat untuk mengilustrasikan. Hal ini dikarenakan sebenarnya belum ada hasil buatan manusia yang masuk atau bahkan mendekati lubang hitam. Hal ini karena jarak lubang hitam yang jauh.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar